Selasa, 29 Mei 2012

Karakter Media Pembelajaran


A.Taksonomi

Dalam pengertian teknologi pendidikan, media atau bahan sebagai sumber belajar merupakan komponen dari sistem instrusional di samping pesan, orang, teknik dan peralatan. Dari usaha penantaan yang timbul yaitu pengelompokan atau klasifikasi menurut kesamaan atau karakteristiknya.


Beberapa contoh usaha ke arah taksonomi media tersebut antara lain :
1)Taksonomi menurut Rudy Bretz

Bertz mengidentifikasikan ciri utama dari media menjadi tiga unsur pokok, yaitu : suara, visual dan gerak. Visual dibedakan menjadi tiga yaitu garis ( line graphic ) dan simbol yang merupakan suatu kontinum dari bentuk yang dapat ditangkap dengan indra penglihatan.

Bretz juga membedakan antara media siar ( telecommunication ) dan media rekam                  ( recording ) sehingga terdapat 8 klasifikasi media, yaitu :

☼ Media audiovisual gerak 
☼ Media audiovisual diam 
☼ Media audio semi-gerak
☼ Media visual gerak
☼ Media visual diam
☼ Media semi-gerak
☼ Media audio
☼ Media cetak


2) Hirarki media menurut Duncan
Dalam penyusunan taksonomi media menurut hirarki pemanfaatan untuk pendidikan, Duncan ingin mensejajarkan biaya investasi, kelangkaan dan keluasan lingkup sasarannya disatu pihak dan kemudahan pengadaan serta penggunaan, keterbatasan lingkup sasaran dan rendahnya biaya di lain pihak dengan tingkat kerumitan perangkat medianya dalam satu hirarki.

3) Taksonomi menurut Briggs
Briggs mengidentifikasi 13 macam media yang dipergunakan dalam proses belajar mengajar, yaitu :
☼ Obyek
☼ Model
☼ Suara langsung
☼ Rekaman audio
☼ Media cetak
☼ Pembelajaran terprogram
☼ Papan tulis
☼ Media transparansi
☼ Film rangkai
☼ Film bingkai
☼ Film
☼ Televisi
☼ Gambar

4) Taksonomi menurut Gagne
Gagne membuat 7 macam pengelompokan media yaitu :
☼ Benda untuk didemontrasikan
☼ Komunikasi lisan
☼ Media cetak
☼ Gambar diam
☼ Gambra gerak
☼ Film bersuara
☼ Mesin belajar

5) Taksonomi menurut Edling
Menurut Edling media merupakan bagian dari enam unsur rangsangan belajar, yaitu dua untuk pengalaman audio meliputi kodifikasi subyektif visual dam kodifikasi obyektif audio, dua untuk pengalaman visual meliputi kodifikasi obyektif audio dan kodifikasi obyektif visual dan dua pengalaman belajar 3 dimensi meliputi pengalaman langsung dengan orang dan pengalaman langsung dengan benda-benda.

6) Pengelompokan menurut Schramm ( 1977 )
Schramm membedakan media menjadi media rumit dan mahal ( big media ) dan media sederhana dan murah       ( little media ). Ia juga mengelompokan media menurut daya liputnya menjadi media massal, media kelompok dan media individual.

7) Pengelompokan menurut Allen
Allen berusaha menghubungkan fungsi media dengan tujuan belajar yang hendak dicapai.

B. Karakteristik

Karakteristik media dapat dilihat menurut kemampuan membangkikan rangsangan indera penglihatan, pendengaran, perabaan, pengecaoan, maupun penciuman atau kesuaiannya dengan tingkatan hierarki belajar. Untuk tujuan praktis karakteristik beberapa jenis media yang lazim digunakan dalam kegiatan belajar mengajar antara lain :

Media grafis
Media grafis berfungsi menyalurkan pesan dari sumber ke penerima. Saluran yang dipakain menyangkut indera penglihatan. Pesan yang akan dismapaikan dituangkan ke dalam simbol-simbol komunikasi visual. Beberapa jenis media grafis antara lain :
JENIS MEDIA PEMBELAJARAN
1. Cetak
2. Transparansi
3. Audio
4. Slide Suara
5. Video
6. Multimedia Interaktif
7. E-learning



1. GAMBAR/ FOTO/ CETAK

Kelebihan media gambar :

1. Sifatnya konkret, Murah, Dapat diakses oleh kalangan luas, Tidak memerlukan peralatan, Bersifat fleksibel, mudah dibawa ke mana-mana, Dapat digunakan untuk menyampaikan semua materi pembelajaran, Bisa dibaca di mana saja dan kapan saja.

2. gambar dapat mengatasi batasan ruang dan waktu
3. dapat mengatasi batasan pengamatan
4. dapat menperjelas suatu masalah
Kelemahan media gambar :
1. hanya menekankan persepsi indera mata
2. benda yang terlalu kompleks kurang efektif untuk kegiatan pembelajaran
3. ukurannya sangat terbatas
 4. Kurang bisa membantu daya ingat
 5. Apabila penyajiannya (font, warna, ilustrasi) tidak menarik, akan cepat membosankan

Syarat - syarat media gambar / foto yang baik digunakan sebagai media pendidikan :
1. Autentik
2. Sederhana
3. Ukuran relatif
4. Mengandung gerak atau perbuatan
5. Gambar dapat mencapai tujuan
6. Gambar harus bagus dari sudut seni dan sesuai denga tujuan pembelajaran.

2. TRANSPARANSI
Kelebihan media transparansi diantaranya :
1. penggunaannya praktis
2. tidak memerlukan ruang gelap, karena itu siswa atau peserta didik dapat melihatnya sambil mencatat
3. mudah dioperasikan, sehingga tidak memerlukan operator khusus
4. guru dalam menyajikannya dapat bertatap muka dengan siswa/peserta didik


Kelemahan dari media Transparasi
1. memerlukan peralatan khusus untuk penampilan, yaitu Overhead Projector (OHP)
2. memerlukan penataan yang khusus
3. memerlukan kecakapan khusus dalam pembuatannya
4. menuntut cara kerja yang sistematis karena susunan urutannya mudah kacau


3. AUDIO
Kelebihan dari media audio
1. Imajinatif
2. Individual
3. Relatif lebih murah
4. Mobile
5. Dapat merangsang partisipasi aktif pendengarnya
6. Sangat tepat untuk materi musik dan bahasa
7. Mengatasi batas waktu dan ruang
8. Radio: aktual, dapat menjangkau khalayak luas, siaran langsung, tidak dapat diulang
9. Kaset: dapat diputar ulang, dapat digunakan untuk merekam ulang


Kelemahan dari media audio
1. Komunikasi satu arah
2. Abstrak, terutama berkaitan dengan angka, ukuran, penghitungan dll
3. Auditif, sehingga membutuhkan konsentrasi dalam mendengarkan
4. Radio: tidak bisa diulang, kontrol ada pada stasiun radio, rentan cuaca, kalau tidak menarik pendengar beralih stasiun lain
5. Kaset: bisa terhapus, bisa kusut, tdk bisa disimpan lama


4. SLIDE SUARA
Kelebihan media Slide Suara
1. Dapat digunakan dalam kelompok besar (kelas)
2. Dapat memusatkan perhatian
3. Di bawah kontrol guru
4. Dapat digunakan untuk menyampaikan berbagai materi pembelajaran
5. Tahan lama (awet)
6. Penyimpanannya mudah


Kelemahan Slide Suara
1. Gambar yang lepas menjadikannya mudah hilang
2. Hanya menyajikan gambar diam
3. Memerlukan ruangan yang gelap, sehingga tidak ada aktifitas lain
4. Biaya pembuatannya mahal
5. Memerlukan peralatan Proyektor Slide dan Kaset player
6. Harga peralatan mahal
7. Suku cadang semakin susah didapatkan


5. MULTI MEDIA
Kelebihan Media Multi Media
1. Interaktif
2. Individual
3. Fleksibel
4. Cost effectiveness
5. Motivasi
6. Umpan balik
7. Record keeping
8. Kontrol ada pada pengguna


Kelemahan dari Multi Media
1. Hanya akan berfungsi untuk hal-hal sebagaimana yang telah diprogramkan
2. Memerlukan peralatan (komputer) multimedia
3. Perlu persyaratan minimal prosesor, memori kartu grafis dan monitor
4. Perlu kemampuan pengoperasian, untuk itu perlu ditambahkan petunjuk pemanfaatan
5. Pengembangannya memerlukan adanya tim yang profesional
6. Pengembangannya memerlukan waktu yang cukup lama
7. Tidak punya sentuhan manusiawi


6. E-LEARNING
Kelebihan dari E-learning
1. just in time, just enough and just for you (tepat waktu)
2. cost effective (biaya efektif/efektif biaya)
3. up-to-date (terkini) 
4. quick (cepat)
5. retainable (memelihara)
6. risk-free (tidak beresiko)
7. consistent (konsisten)
8. interactive and collaborative (interaktif dan kolaboratif)
9. easy to track


Kelemahan E-learning
1. technology dependent
2. sometimes incompatible with other systems and material
3. sunsuitable for some types of trainingandlearners
4. somewhat less interactive
5. expensive to set up both in terms of providing the infrastructure and the developing
6. content still dependent on human support

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar