A.Taksonomi
Dalam pengertian teknologi pendidikan, media atau
bahan sebagai sumber belajar merupakan komponen dari sistem instrusional di
samping pesan, orang, teknik dan peralatan. Dari usaha penantaan yang timbul
yaitu pengelompokan atau klasifikasi menurut kesamaan atau karakteristiknya.
Beberapa contoh usaha ke arah taksonomi media
tersebut antara lain :
1)Taksonomi menurut Rudy Bretz
Bretz juga
membedakan antara media siar ( telecommunication ) dan media rekam ( recording ) sehingga
terdapat 8 klasifikasi media, yaitu :
☼ Media audiovisual gerak
☼ Media audiovisual diam
☼ Media audio semi-gerak
☼ Media visual gerak
☼ Media visual diam
☼ Media semi-gerak
☼ Media audio
☼ Media cetak
2) Hirarki media menurut Duncan
Dalam penyusunan taksonomi media menurut hirarki
pemanfaatan untuk pendidikan, Duncan ingin mensejajarkan biaya investasi,
kelangkaan dan keluasan lingkup sasarannya disatu pihak dan kemudahan pengadaan
serta penggunaan, keterbatasan lingkup sasaran dan rendahnya biaya di lain
pihak dengan tingkat kerumitan perangkat medianya dalam satu hirarki.
3) Taksonomi menurut Briggs
Briggs mengidentifikasi 13 macam media yang
dipergunakan dalam proses belajar mengajar, yaitu :
☼ Obyek
☼ Model
☼ Suara langsung
☼ Rekaman audio
☼ Media cetak
☼ Pembelajaran terprogram
☼ Papan tulis
☼ Media transparansi
☼ Film rangkai
☼ Film bingkai
☼ Film
☼ Televisi
☼ Gambar
4) Taksonomi menurut Gagne
Gagne membuat 7 macam pengelompokan media yaitu :
☼ Benda untuk didemontrasikan
☼ Komunikasi lisan
☼ Media cetak
☼ Gambar diam
☼ Gambra gerak
☼ Film bersuara
☼ Mesin belajar
5) Taksonomi menurut Edling
Menurut Edling media merupakan bagian dari enam
unsur rangsangan belajar, yaitu dua untuk pengalaman audio meliputi kodifikasi
subyektif visual dam kodifikasi obyektif audio, dua untuk pengalaman visual
meliputi kodifikasi obyektif audio dan kodifikasi obyektif visual dan dua
pengalaman belajar 3 dimensi meliputi pengalaman langsung dengan orang dan
pengalaman langsung dengan benda-benda.
6) Pengelompokan menurut Schramm ( 1977 )
Schramm membedakan media menjadi media rumit dan
mahal ( big media ) dan media sederhana dan murah ( little media ). Ia juga mengelompokan
media menurut daya liputnya menjadi media massal, media kelompok dan media
individual.
7) Pengelompokan menurut Allen
Allen berusaha menghubungkan fungsi media dengan
tujuan belajar yang hendak dicapai.
B. Karakteristik
Karakteristik media dapat dilihat menurut kemampuan
membangkikan rangsangan indera penglihatan, pendengaran, perabaan, pengecaoan,
maupun penciuman atau kesuaiannya dengan tingkatan hierarki belajar. Untuk
tujuan praktis karakteristik beberapa jenis media yang lazim digunakan dalam
kegiatan belajar mengajar antara lain :
Media grafis
Media grafis berfungsi menyalurkan pesan dari sumber
ke penerima. Saluran yang dipakain menyangkut indera penglihatan. Pesan yang
akan dismapaikan dituangkan ke dalam simbol-simbol komunikasi visual. Beberapa
jenis media grafis antara lain :
JENIS MEDIA PEMBELAJARAN
1. Cetak
2. Transparansi
3. Audio
4. Slide Suara
5. Video
6. Multimedia Interaktif
7. E-learning
1. GAMBAR/ FOTO/ CETAK
Kelebihan media gambar :
1. Sifatnya konkret, Murah, Dapat diakses oleh
kalangan luas, Tidak memerlukan peralatan, Bersifat fleksibel, mudah dibawa ke
mana-mana, Dapat digunakan untuk menyampaikan semua materi pembelajaran, Bisa
dibaca di mana saja dan kapan saja.
2. gambar dapat mengatasi batasan ruang dan waktu
3. dapat mengatasi batasan pengamatan
4. dapat menperjelas suatu masalah
Kelemahan media gambar :
1. hanya menekankan persepsi indera mata
2. benda yang terlalu kompleks kurang efektif untuk
kegiatan pembelajaran
3. ukurannya sangat terbatas
4. Kurang
bisa membantu daya ingat
5. Apabila
penyajiannya (font, warna, ilustrasi) tidak menarik, akan cepat membosankan
Syarat - syarat media gambar / foto yang baik
digunakan sebagai media pendidikan :
1. Autentik
2. Sederhana
3. Ukuran relatif
4. Mengandung gerak atau perbuatan
5. Gambar dapat mencapai tujuan
6. Gambar harus bagus dari sudut seni dan sesuai
denga tujuan pembelajaran.
2. TRANSPARANSI
Kelebihan media transparansi diantaranya :
1. penggunaannya praktis
2. tidak memerlukan ruang gelap, karena itu siswa
atau peserta didik dapat melihatnya sambil mencatat
3. mudah dioperasikan, sehingga tidak memerlukan
operator khusus
4. guru dalam menyajikannya dapat bertatap muka
dengan siswa/peserta didik
Kelemahan dari media Transparasi
1. memerlukan peralatan khusus untuk penampilan,
yaitu Overhead Projector (OHP)
2. memerlukan penataan yang khusus
3. memerlukan kecakapan khusus dalam pembuatannya
4. menuntut cara kerja yang sistematis karena
susunan urutannya mudah kacau
3. AUDIO
Kelebihan dari media audio
1. Imajinatif
2. Individual
3. Relatif lebih murah
4. Mobile
5. Dapat merangsang partisipasi aktif pendengarnya
6. Sangat tepat untuk materi musik dan bahasa
7. Mengatasi batas waktu dan ruang
8. Radio: aktual, dapat menjangkau khalayak luas,
siaran langsung, tidak dapat diulang
9. Kaset: dapat diputar ulang, dapat digunakan untuk
merekam ulang
Kelemahan dari media audio
1. Komunikasi satu arah
2. Abstrak, terutama berkaitan dengan angka, ukuran,
penghitungan dll
3. Auditif, sehingga membutuhkan konsentrasi dalam
mendengarkan
4. Radio: tidak bisa diulang, kontrol ada pada
stasiun radio, rentan cuaca, kalau tidak menarik pendengar beralih stasiun lain
5. Kaset: bisa terhapus, bisa kusut, tdk bisa
disimpan lama
4. SLIDE SUARA
Kelebihan media Slide Suara
1. Dapat digunakan dalam kelompok besar (kelas)
2. Dapat memusatkan perhatian
3. Di bawah kontrol guru
4. Dapat digunakan untuk menyampaikan berbagai
materi pembelajaran
5. Tahan lama (awet)
6. Penyimpanannya mudah
Kelemahan Slide Suara
1. Gambar yang lepas menjadikannya mudah hilang
2. Hanya menyajikan gambar diam
3. Memerlukan ruangan yang gelap, sehingga tidak ada
aktifitas lain
4. Biaya pembuatannya mahal
5. Memerlukan peralatan Proyektor Slide dan Kaset
player
6. Harga peralatan mahal
7. Suku cadang semakin susah didapatkan
5. MULTI MEDIA
Kelebihan Media Multi Media
1. Interaktif
2. Individual
3. Fleksibel
4. Cost effectiveness
5. Motivasi
6. Umpan balik
7. Record keeping
8. Kontrol ada pada pengguna
Kelemahan dari Multi Media
1. Hanya akan berfungsi untuk hal-hal sebagaimana
yang telah diprogramkan
2. Memerlukan peralatan (komputer) multimedia
3. Perlu persyaratan minimal prosesor, memori kartu
grafis dan monitor
4. Perlu kemampuan pengoperasian, untuk itu perlu
ditambahkan petunjuk pemanfaatan
5. Pengembangannya memerlukan adanya tim yang
profesional
6. Pengembangannya memerlukan waktu yang cukup lama
7. Tidak punya sentuhan manusiawi
6. E-LEARNING
Kelebihan dari E-learning
1. just in time, just enough and just for you (tepat
waktu)
2. cost effective (biaya efektif/efektif biaya)
3. up-to-date (terkini)
4. quick (cepat)
5. retainable (memelihara)
6. risk-free (tidak beresiko)
7. consistent (konsisten)
8. interactive and collaborative (interaktif dan
kolaboratif)
9. easy to track
Kelemahan E-learning
1. technology dependent
2. sometimes incompatible with other systems and
material
3. sunsuitable for some types of trainingandlearners
4. somewhat less interactive
5. expensive to set up both in terms of providing
the infrastructure and the developing
6. content still dependent on human support
Tidak ada komentar:
Posting Komentar